Perusahaan Yang Menua


Adakah perusahaan yang menua? Apakah perusahaan tempat Anda berkarya juga menua? Bahayakah perusahaan yang menua? Saya akan menjelaskannya dengan sebuah contoh. Misalkan DEF adalah sebuah perusahaan restoran besar. Didirikan di atas lahan seluas satu hektar di sebuah kota kabupaten. Menunya enak. Desain interior dan eksterior bagus.  Pembelinya nyaman. Parkirnya luas sehingga para tamu menyukainya.

DEF berdiri sepuluh tahun lalu. Tahun 2012. Karena didirikan oleh seorang profesional bermodal kuat maka sejak awal resto sudah didesain beroperasi penuh. Jumlah karyawan penuh. Sejak awal karyawannya 30 orang. Menu lengkap. Pimpinannya dipilih dari orang yang berpengalaman bekerja di resto sebuah hotel besar.

Dari 30 orang karyawan yang direkrut pada saat pembukaan, sebagian besar adalah anak-anak muda usia 20-an. Hanya beberapa orang senior yang direkrut seperti pimpinan resto tadi. Ketika itu dari 30 orang rata-rata usianya adalah 24,2 tahun. Rata-rata dihitung dengan menjumlahkan usia seluruh karyawan dibagi dengan jumlah total karyawan yaitu 30 orang. Jumlah usia seluruh karyawan saat itu adalah 726 tahun dibagi 30 orang menghasilkan rata-rata di atas.

Tahun 2013 tidak ada perubahan karyawan. Dengan demikian tepat ketika usia resto satu tahun rata-rata usia karyawannya adalah 25,2. Mereka semua bekerja dengan baik karena memang perekrutannya dilakukan oleh lembaga perekrutan profesional. Mereka pun loyal-loyal. Lima tahun pertama semua mereka bertahan. Dengan demikian rata-rata usia mereka pada tahun 2017 adalah 29,2 tahun.

Waktu berjalan terus. Tibalah tahun 2019. Sampai tahun ini tidak ada perubahan karyawan. Rata-rata usia naik menjadi 31,2 tahun. Tahun 2020 puncak pandemi ada 2 karyawan yang meninggal karena Covid. Masing-masing berusia 30 dan 32 tahun. Dengan demikian dari 28 karyawan yang tersisa usianya adalah 28 x 31,2 tahun yaitu 873,6 tahun.

Pada era pandemi perusahaan bisa menyesuaikan diri dengan cepat. Transaksi online nya kencang. Maka begitu ada 2 karyawan meninggal langsung direkrut karyawan baru masing-masing usia 20 dan 22 tahun. Dengan demikian jumlah usia seluruh karyawan adalah 873,6 ditambah 20 dan 22 yaitu 915,6. Dibagi 30 maka rata-rata usia karyawan adalah 30,52 tahun. Sedikit menurun dari sebelumnya yaitu 31,2 tahun.

&&&

Pembaca yang baik, jika sebuah perusahaan tidak tumbuh, tiap tahun akan ada peningkatan rata-rata usia karyawan. Andai Resto DEF tidak menambah jumlah gerai dan tidak ada karyawan yang diganti karena meninggal atau pensiun seperti narasi di atas, usia rata-rata karyawan pada tahun 2030 adalah 40,52 tahun. Tahun 2040 menjadi 50,52 tahun. Terus menua.

Orang memang pasti menua. Tapi perusahaan tidak boleh menua.

Terus menua. Itulah bahaya perusahaan yang tidak tumbuh. Untuk menghindarinya perusahaan mesti tumbuh pesat. Misalkan Resto DEF tahun 2020 menambah satu gerai lagi dengan jumlah karyawan juga 30 dengan rata-rata usia 20 tahun, maka tahun itu juga rata-rata karyawan dari 2 gerai akan menjadi 25,6 tahun.

Bagi manusia, menua itu adalah kenyataan. Tapi bagi perusahaan, menua itu bahaya. Akan kalah cekatan dengan pesaingnya yang usia karyawannya rata-rata muda. Akan kalah lincah. Akan kalah bersaing. Maka, tumbuh pesat dan scale up adalah sebuah keharusan bagi perusahaan untuk tetap unggul di dunia bisnis. Perusahaan tempat Anda berkarya bagaimana?

Artikel ke-390 karya Iman Supriyono ini ditulis di SNF Consulting House of Management pada tanggal 11 November 2022

Diskusi lebih lanjut? Silakan bergabung Grup Telegram  atau Grup WA KORPORATISASI
Anda memahami korporasi? Klik untuk uji kelayakan Anda sebagai insan korporasi

Atau ikut KELAS KORPORATISASI

Baca juga:

Modal Alfamart Mengejar Indomaret
Modal Murah Mitra Keluarga Menyalip Siloam
Pedal Gas Revenue and Profit Driver
RPD Sebagai Faktor Kali
RPD Sebagai Peredam Risiko Investasi Wakaf
Giant Tutup: Sulitnya Menemukan Kembali RPD
Deep Dive Sang CEO Mengamankan RPD
RPD Sebagai Salah Satu Tahap Corporate Life Cycle

One response to “Perusahaan Yang Menua

  1. saat ini kami masih banyak pemuda yang bekerja ditempat kami dan setiap ada yang pensiun diisi dengan yang berusia muda, semoga bisa awet muda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s