Roto Rooter: Korporasi Raja Mampet


Samuel Oscar Blanc dilahirkan tahun 1883 di Wiscounsin, USA. Tahun 1927 Blanc dipusingkan oleh pipa air buangan yang mampet di apartemen anaknya.  Masalah teknis itu menginspirasinya untuk merancang sebuah mesin roto rooter.  Selama lima tahun ia bekerja karas, tahun 1933 prototipe mesin berhasil diselesaikannya. Dua tahun dari selesainya mesin itu, Blanc mendirikan Roto Rooter Corporation di Des Moines, USA. Tahun 1937 Roto Rooter menandatangani perjanjian waralaba untuk pertama kalinya. Tahun 1939  Roto Rooter pertama kalinya menggunakan slogan “Razor Kleen”. Tahun yang sama Roto Rooter mulai menggunakan mesin niard ringan untuk mengatasi masalah jaringan pipa bawah tanah. Tahun 1942 iklan Roto Rooter pertama kali tampil di majalah nasional di USA. Tahun 1946 Roto Rooter membuat mesin Roto Rod untuk mengatasi masalah perpipaan municipal. Tahun 1949 iklan TV pertama Roto Rooter tampil di Baltimore, USA. Tahun 1954 meluncurkan lagu “Away go troubles” sebagai jingle perusahaan. Tahun 1955 hak paten mesin roto rooter habis dan penjiplakan bermunculan. Tahun 1980 Chemed Corporation mengakusisisi Roto Rooter dan mencirikan Roto Rooter Services Co. Tahun 1981 meluncurkan produk bahan kimia dan biologi pembersih saluran air. Tahun 1997 meluncurkan website perusahaan. Tahun 2001 meluncurkan layanan penggalian tanah secara nasional.  Tahun 2004 Meluncurkan program promosi TV berjudul Ghost Hunter menampilkan sepasang teknisi Roto Rooter.  Tahun 2010 Rick Arquila tampil di acar Undercover Boss. Tahun 2013 Roto Rooter memperluas layanan pembersihan saluran air untuk seluruh bagian perusahaan. Tahun 2019 Roto Rooter sebagai perusahaan pembersihan pipa terbesar telah melayani 80% penduduk USA dan 55% penduduk Canada.

&&&

Adakah sobat2 yang punya rekomendasi tukang WC mampet Surabaya timur? Itulah kalimat yang saya tulis sebagai status di media sosial Facebook dari Surabaya 24 Juni 2022. Status yang muncul karena seisi rumah sedang tidak tenang. Masalahnya sepele tapi benar-benar membuat hidup tidak tenteram: WC rumah mampet.

Beberapa hari sebelumnya yang mampet hanya WC kamar mandi depan. Orang seisi rumah masih bisa menggunakan WC kamar mandi belakang untuk menunaikan hajat. Tapi hari itu WC belakang pun mampet. Anda yang yang pernah merasakan suasana rumah saat kondisi seperti ini pasti tahu betapa repotnya.

Selama lebih dari 20 tahun tinggal di rumah ini, peristiwa WC mampet kali ini adalah kedua kalinya. Yang pertama terjadi sekitar sepuluh tahun lalu.  Ketika itu masalah ini selesai dengan tukang WC yang saya panggil dari sebuah iklan di koran.

Hari ini pagi-pagi saya menulis status di media sosial Facebook.  Ingin membuktikan untuk kesekian kalinya kesaktian media sosial besutan Zuckerberg ini. Dan tidak lama kemudian ada beberapa kawan FB yang memberikan rekomendasi. Salah satunya ada yang memberi link pada sebuah website.

Saya pun klik website itu. lalu saya telepon nomor kontaknya. Sesuai waktu yang mereka janjikan, sebuah mobil van dengan tampilan full branding khas perusahaan besar pun datang. Sebagaimana yang mereka janjikan, mereka datang dengan dua teknisi. Keduanya masih muda dengan balutan seragam profesional elegan. Mereka kemudian menjalankan tugasnya melakukan survei. Tidak butuh waktu lama, kemudian mereka menyampaikan bahwa WC saya bisa diperbaiki dengan biaya tertentu. Dijelaskan dengan cukup detail apa yang akan mereka lakukan, teknologi yang akan digunakan dan berapa lama perkiraan waktu yang dibutuhkan. Sebagaimana yang disampaikan saat saya telepon, Jika setuju tawaran itu maka mereka siap langsung bekerja. Jika saya tidak setuju maka saya cukup membayar ongkos survei sebesar Rp 100 ribu.

Karena ada beberapa rekomendasi yang diberikan oleh sobat-sobat FB, saya juga telepon salah satu nomor yang lain. Nomor seorang tukan WC lokal. Langganan sobat FB dan sekaligus juga sobat off line saya ini menyampaikan akan bekerja dengan ongkos harian. Seluruh alat dan bahan yang dibutuhkan akan dibelikannya dan saya cukup mengganti uang pembelian.

Singkat kata, akhirnya saya pakai yang tukang lokal. Masalah WC selesai dalam waktu dua hari. Persis sama dengan yang ditawarkan oleh perusahaan yang datang dengan mobil van full branding tadi. Dan yang lebih menarik, total biaya yang dihabiskan oleh tukang lokal ini sama persis dengan biaya yang diajukan oleh Roto Rooter.

&&&

Roto Rooter adalah logo mobil van dengan tampilan full branding yang datang ke rumah saya pada alinea di atas. Ya. Dia adalah sebuah korporasi besar dari USA yang hari ini telah berusia 89 tahun. Sebagaimana yang terungkap pada bagian awal tulisan ini, Roto Rooter adalah ahlinya WC dan pipa air buangan yang mampet. Orang Surabaya mengenalnya dengan raja mampet. Kini perusahaan ini telah beroperasi di USA, Canada, Jepang, Filipoina, Mexico, United Kingdom, Hong Kong, China, Indonesia dan Singapura.

Ini salah satu hal yang mesti kita contoh dari USA. Banyak hal sepele yang kemudian menjelma menjadi korporasi besar melayani dunia. Bahkan banyak kasus idenya tidak asli USA. Ada Starbucks dan Coffee Bean padahal kopi pertama kali ditemukan oleh bangsa Etiopia. Ada Pizza Hut dan Domino pizza yang melakukan korporatisasi terhadap makanan tradisional italia. Ada Taco Bell yang melakukan korporatisasi bisnis makanan tradisional Mexico. Ada John Robert Power dan Dale Carnegie yang sukses dengan bisnis pendidikan HRD. Ada Chiquita sebagai korporasi pisang walaupun USA bukan bangsa penanam pisang. Itulah kekuatan korporatisasi. Sampai saat ini USA adalah rajanya. Anda para pengelola perusahaan? Saatnya melakukan korporatisasi. Perbaiki paradigma bisnis. Pelajari ilmunya sampai laa roiba fiih. Sampai tak ada keraguan. Lalu eksekusikan di lapangan sesuai dengan 8 tahap corporate life cycle. Kita bisa!

Tulisan ke-395 Iman Supriyono di web ini. Artikel ini ditulis di kantor pusat SNF Consulting House pada tanggal 26 Desember 2022.

Diskusi lebih lanjut? Silakan bergabung Grup Telegram  atau Grup WA KORPORATISASI atau hadiri KELAS KORPORATISASI
Anda memahami korporasi? Klik untuk uji kelayakan Anda sebagai insan korporasi

Baca juga:

Sejarah Chiquita Korporasi Pisang
Sejarah Bata dan Kalibata Batavile Batanagar
Sejarah Raket Yonex
Sejarah Heinekken Hadir di Indonesia
Sejarah Revlon dan Kepailitannya
Sejarah Korporasi
Sejarah Lions Club
Sejarah Hyundai versus Astra
Enam Pilar Kemerdekaan Ekonomi Umat dan Bangsa
Korporatisasi: Asal Muasal
Sejarah Danone Dari Turki Usmani Hadir ke Indonesia
Sejarah Kalsiboard dan Etex Group
Sejarah Embraer si “PTDI” Brazil

3 responses to “Roto Rooter: Korporasi Raja Mampet

  1. Ping-balik: ThyssenKrupp Cakra Nanggala | Korporatisasi

  2. Ping-balik: Manokwari: Menang Tanpa Bersaing | Korporatisasi

  3. Ping-balik: Jamaah Shalahuddin | Korporatisasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s